Tuesday, January 20, 2009

Bahkan Tak Pernah Bermimpi

Sebelum berangkat ke Qatar, saya belum pernah bermimpi untuk membeli sebuah mobil. Saya tidak tahu menahu masalah mobil, mana yang bagus dan mana yang jelek. Bagi saya, mobil adalah kebutuhan paling sekunder, selama saya masih bisa kemana-mana naik motor atau angkutan umum.

Tapi setelah sampai di Qatar, mobil adalah kebutuhan primer. Kita tidak akan bisa kemana-mana tanpa mobil. Bagi yang single, mungkin bisa saja naik bis, seperti yang saya lakukan selama ini. Hanya 3 riyal untuk semua jurusan. Tapi setelah keluarga disini, naik bis adalah pilihan yang terburuk. Bahkan kalo harus naik taxi setiap mau belanja, itu akan sangat membuat kantong tekor.

Setelah saya lulus police test (dapet SIM), saya putuskan untuk mendatangi beberapa showroom mobil untuk survey. Pilihan saya adalah SUV yang ada 4x4-nya. Beberapa teman tidak merekomendasikan sedan karena masalah safety. Selain itu sedan tidak bisa dipakai untuk jalan-jalan ke gurun atau sea-line. Disamping SUV, saya juga menjatuhkan pilihan ke mobil jepang karena terkenal kehandalan mesin dan harga jual kembalinya yang cukup kompetitif.

Karena saya juga mempertimbangkan harga, kalau bisa jangan lebih dari 100ribu riyal, jadi nominasinya adalah Honda CRV, Nissan X-Trail, Nissan Qashqai, Mitsubishi Pajero, Suzuki Vitara.

Akhirnya saya jatuh hati pada salah satu dari nominasi tersebut. Dan untuk mendapatkannya ternyata cukup mudah, bahkan tanpa keluar duit sedikitpun (tanpa DP). Cukup membawa objection letter dari company, salary certificate, copy ID, dan bank statement, serta beberapa tandatangan di formulir, mobil sudah bisa dibooking. Dan tinggal tunggu beberapa hari lagi, istimara (STNK) jadi dan mobil bisa dibawa pulang.

Sungguh, saya tidak pernah bermimpi sebelumnya bisa punya mobil seperti ini. Ini karena terpaksa,…benar-benar terpaksa.

No comments: