Apa yang lebih jelek daripada di Indonesia, jawabannya sangat jelas, pelayanan publik. Kalo pelayanan publik dibidang pemerintahan, seperti polisi atau pemda, masih bisa dimaklumi. Tapi yang membuat aku shock, bahkan bank saja pelayanannyapun sangat parah. Aku sendiri sudah pernah menjadi nasabah beberapa bank di Indo, mulai dari BNI, BCA, BSM, BTN, Danamon, sampai BRI ndeso sekalipun, ga ada yang pelayanannya lebih parah daripada bank di Qatar. Mungkin mereka merasa bahwa kita yang membutuhkan mereka sehingga mereka “sak penake dhewe”.
Dan satu lagi, jangan harap nemuin toko/supermarket macam Indomaret/Alfamart disini. Ucapan “Selamat pagi, selamat datang di Indomaret” dan senyum ramah shopkeeper ga bakal ditemuin disini. Kebanyakan mereka cuek. Bahkan saat melayani pembayaran sekalipun, mereka sibuk dengan urusannya sendiri.
Sebelum aku berangkat, ada seorang teman memberitahu bahwa 50% gaji kita di Qatar adalah tunjangan kesabaran dan harga diri. Hmm, bener juga ya!!
No comments:
Post a Comment